23/12/14

Banyak SKPD di Kabupaten Blora yang Tidak Memiliki Website

Kantor Pengadilan Negeri (PN) Blora memenangi lomba design website
tingkat SKPD/instansi
BLORA - Meskipun di semua Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) sudah tersedia komputer dan jaringan internet. Namun belum semua SKPD di Kabupaten Blora memiliki website yang bisa digunakan untuk mengakses informasi publik.

Dari sekitar 40 SKPD di Kabupaten Blora, hanya ada beberapa saja yang telah memilikinya. Hal ini nampak pada saat lomba design website yang digelar Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora belum lama ini. Ternyata lomba hanya diikuti 9 SKPD.

"Dalam lomba design website yang dilaksanakan pekan lalu hanya diikuti 9 SKPD dan instansi, hal ini jelas kurang menggembirakan," kata Kepala Bappeda Blora, Samgautama Karnajaya.

Lomba tersebut salah satu tujuannya untuk memberikan informasi tentang kegiatan dan program kerja dari masing-masing SKPD/instansi dengan cepat. "Adanya website akan memudahkan masyarakat mendapatkan akses informasi secara cepat dan mudah. Tinggal mencari alamat dinas, lalu klik langsung dapat melihat infromasi," katanya.

Dari hasil penilaian yang dilakukan Bappeda Blora, sebagai pemenang pertama yakni website dari Pengadilan Negeri (PN) Blora www.pn-blora.go.id, selanjutnya diikuti Dinas Kehutanan www.dinhutblora.org serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Blora satpolblora.blogspot.com.

Bupati Blora, Djoko Nugoho meminta agar semua SKPD/instansi bisa memiliki website sendiri-sendiri, karena keberadaannya penting di era serba digital ini. Masyarakat kini dengan mudah mengakses informasi dengan telepon seluler.

"Tahun depan semua harus punya website, jaringan internet dan komputer harus digunakan dengan baik, jangan malah dipakai facebook saja," ungkapnya.

Praktisi TI Blora, Wahyu Andri sangat menyayangkan hal ini. Padahal website itu penting, sekaligus bisa digunakan untuk menilai kinerja lembaga tersebut serta sejauh mana kualitas sumber daya di masing-masing SKPD.

Dengan memiliki website, SKPD bisa menginformasikan seluruh program kerja serta sejumlah informasi secara cepat yang mudah diakses oleh masyarakat. "Ini menunjukkan SDM yang ada perlu dibenahi dan ditingkatkan. Masak membuat website saja kesulitan," pungkasnya. (Sugie-SMNetwork | Jo-infoblora)

Sumber : www.infoblora.com

0 komentar:

Posting Komentar